Cara Menghilangkan Bengkak atau Memar Secara Cepat

Cara menghilangkan bengkak atau memar secara cepat – Bengkak atau luka memar merupakan adanya kebocora pada pembuluh darah kecil yang terletak pada bagian bawah kulit, sehingga menyebabkan kulit berubah warna menjadi lebih hitam atau ungu kebiruan. Bengkak atau memar biasanya terjadi akibat terbentur oleh benda keras ataupun terkilir. Bengkak atau memar merupakan luka yang ringan dan dapat sembuh dengan sendirinya. Tapi jika dibiarkan, penyembuhan luka tersebut akan memakan waktu yang lama dan anda kurang leluasa dalam melakukan aktifitas. Alangkah lebih baiknya, jika luka bengkak / memar dirawat dengan baik agar dapat mempercepat proses penyembuhan.

Adapun beberapa cara sederhana yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan dan mempercepat proses penyembuhan luka bengkak atau luka memar pada bagian tubuh anda.

1. Menggunakan air hangat
Kompreslah luka memar dengan air hangat. Kemudian dipijit dengan hati – hati .

2. Menggunakan minyak kelapa
Ambilah minyak kelapa, lalu oleskan pada bagian yang bengkak / memar. Pijitlah dengan hati – hati.

3. Menggunakan abu dapur
Ambilah abu dapur yang masih hangat, lalu bungkus dengan menggunakan kain dan ditempel –tempelkan serta ditekan pada bagian luka memar sampai terasa hangat. Lakukan berulang –ulang. Kalau abunya sudah dingin dapat diganti dengan yang baru.

4.  Menggunakan es
Kompreskan es pada bagian luka memar selama 15 menit setiap jamnya, itu akan membantu mempercepat penyembuhan pada luka tersebut. Lakukan secara rutin setiap hari agar lebih cepat dalmam penyembuhan.

5. Menggunakan sinar matahari
Jemur luka anda pada pagi hari dibawah sinar matahari selama 15 menit atau 20 menit. Karena pancaran sinar ultraviolet pada matahari dapat memusnahkan bilirubin penyebab luka memar, sehingga dapat membantu mempercepat penyembuhan luka bengkak atau memar.

6. Menggunakan cuka dan air
Cuka dapat meningkatkat aliran darah, sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan. Oleskan campuran cuka dan air hangat pada bagian luka memar.

7. Menggunakan buah nanas.
Perbanyak mengkonsumsi buah nanas dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka memar anda. Karena nanas mengandung bromelain yang berfungsi menghancurkan protein penyebab terperangkapnya cairan darah pada jaringan dalam tubuh anda.

8. Menggunakan buah pepaya
Pepaya juga juga memiliki kandungan dan fungsi sama dengan buah nanas. Jika banyak mengkonsumsi buah pepaya akan menyembuhkan luka memar anda dengan cepat.

9. Menggunakan jahe segar
minumlah rebusan air jahe hangatguna mempercepat penyembuhan, atau juga dapat dengan cara ditumbuk hingga halus dan tambahkan sedikit minyak kelapa. Kemudian balurkan pada bagian luka memar.

10. Menggunakan seledri
Ambilah daun seledri, tumbuk daun seledri samapai halus dengan  ditambah air sedikit. Lalu oleskan hasil tumbukan daun seledri pada bagian memer.

11. Cabe rawit.
Siapkan beberapa cabe rawit, tumbuk hingga halus lalu tambahkan air sedikit dan aduk hingga merata. Lalu oloeskan  pada bagian memar anda, tunggu samapi 10 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat.

Perlu anda perhatikan, apabila bengkak tersebut jatuh diperkirakan patah tulang atau retak. Sebaiknya bawalah pada ahlinya. Itu tadi beberapa ulasan tentang Cara menghilangkan bengkak atau memar secara cepat. mudah – mudahan tips kesehatan kali ini bermanfaat untuk anda.

Cara Menghilangkan Bengkak atau Memar Secara Cepat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mbak Dewi