Langsung ke konten utama

Cara Mengobati Amandel secara Tradisional Alami

Cara mengobati amandel secara tradisional alami – Amandel sebenarnya bukan nama penyakit melainkan sebuah organ yang berfungsi sebagai bagaian dari sitem kekebalan atau pertahanan tubuh  yang terletak pada kerongkongan bagian belakang, yang berguna untuk mencegah bakteri dan virus masuk dalam tubuh. Akan tetapi, seringnya terjadi infeksi akibat virus malah membuat amandel juga ikut terinfeksi yang menyebabkan peradangan pada amandel atau yang disebut tonsilitis. Jadi nama penyakit pada amandel itu peradangan atau tonsilitis, tapi kebanyakan orang menyebutnya dengan nama amandel.

Penyakit ini merupakan penyakit yang tidak berbahaya, namun lama – kelamaan akan mengganggu sistem pernafasan, dan penyakit ini tergolong penyakit yang menular.

Gejala pada penyakit amandel sebagai berikut :
1. Rasa sakit waktu menelan makanan.
2. Suara berubah menjadi parau, terkadang sulit untuk berbicaara.
3. Lidah berselaput dan nafas berbau.
4. Badan terasa lemas dan lelah.
5. Demam dan suhu badan naik.
6. Kepala pusing.
7. Tenggorokan sakit.
8. Mual dan muntah.

Setelah mengetahui sekilas tentang amndel dan gejala – gejalanya, mari masuk pada pembahasan bagaimana cara pencegahan dan mengobati penyakit amandel secara alami.

Beberapa cara mencegah supaya tidak terkena penyakit amandel
1. Kurangi makanan berminyak, pedas.
2. Hindari minuman – minuman dingin dan es.
3. Cuci tangan sampai benar – benar bersih sebelum dan sesudah makan.
4. Konsumsi makanan yang bergizi.
5. Hindari penggunaan peralatan makan secara bergantian dengan si penderita, karena mudah menular.

Pengobatan pada penderita penyakit amndel

1. Daun kumis kucing
Daun kumis kucing dapat anda gunakan untuk penyembuhan penyakit amandel. Caranya mudah, pertama sediakan seperempat genggam daun kumis kucing, cuci sampai bersih. Rebus dengan 3 gelas air hingga mendidih. Kemudian minumlah 3 kali sehari secara rutin agar cepat sembuh.

2. Mengkudu
Mengkudu juga berkhasiat untuk menyembuhkan penykit amandel. Caranya siapkan buah mengkudu yang sudah matang. Tumbuk buah mengkudu lalu peras, ambil ainya tambahkan sedikit air dan madu. Minumlah hasil olahan tadi 3 kali sehari.

3. Jeruk nipis
Jeruk nipis juga dapat digunakan sebagai suatu cara untuk menyembuhkan penyakit amndel. Caranya yaitu siapkan jeruk nipis, lalu peras jeruk tersebut ambil airnya saja. Campurkan sedikit kapur sirih, aduk – aduk hingga merata. Minumlah sebelum tidur. Untuk hasil yang lebih baik, lakukan secara rutin.

4. Kulit manggis
Kulit manggis ternyata bisa juga dipakai untuk mengobati penyakit amandel. Caranya : Siapkan manggis, ambil kulitnya saja. Kemudian rebus dengan air hingga mendidih. Saring air rebusan tersebut, tambahkan sedikit minyak permen aduk sampai benar – benar tercampur. Minumlah 3 kali sehari secara rutin.

5. Jahe
Jahe dipercaya dapat menyembuhkan penyakit amandel. Caranya yaitu ambil beberapa butir jahe, bersihkan dengan air dan kupas kulitnya. Kemudian sedu dengan air hangat. Minumlah air jahe hangat tersebut secara rutin supaya lekas sembuh.

Nahnitu tadi beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk menyembuhkan penyakit amandel dengan bahan yang alami. Semoga cara dan tips kesehatan diatas bermanfaat bagi anda yang menderita penyakit amndel.

Postingan populer dari blog ini

Khasiat dan Manfaat Daun Miana

Pernah mendengar tentang khasiat daun miana ? Mendengar namanya saja mungkin sebagian orang masih terasa asing. Namun bagi para pecinta tanaman hias , tumbuhan miana menjadi salah satu koleksi yang bisa memperindah sebuah taman rumah. Dengan nama latin Coleus scutellarioides, tumbuhan miana tumbuh baik dengan daun yang berwarna cerah dan beraneka ragam. Selain itu kini sudah ditemukan khasiat da manfaat daun miana bagi kesehatan tubuh manusia. Tumbuhan miana merupakan jenis tanaman yang hidup di sekitar pinggiran sawah atau tepian sungai. Dengan warna yang bervariasi, tanaman ini hidup kurang lebih 1500 meter dari permukaan laut. Melihat warnanya yang cerah dan bervariasi tersebut, banyak orang yang tidak menyangka bahwa miana dapat berguna pula bagi kesehatan tubuh manusia. Apa saja manfaatnya yang bisa didapat dari kandungan daun miana tersebut? Berikut adalah rinciannya. Demam sembuh dengan daun miana Penyakit demam memang bukanlah sebuah penyakit yang berat atau besar.

Mengatasi Alergi dengan Cara Alami dan Mudah

Mengatasi alergi dengan cara alami | Alergi adalah sesuatu yang disebabkan karena tidak cocoknya badan atau organ tubuh dengan lingkungan sekitar atau dengan makanan yang dikonsumsi. Alergi sebenarnya bukan merupakan suatu penyakit, melainkan respon organ tubuh yang tidak terbiasa atau tubuh kurang menerima dengan baik rangsangan yang diterima terhadap benda asing dan lingkungan sekitar. Jenis alergi yang sering dijumpai yaitu alergi kulit, setiap orang memiliki reaksi alergi yang berbeda-beda. Misal alergi dengan ikan asin atau sayuran tertentu dapat menimbulkan gatal-gatal, bengkak, muntah-muntah, bersin, bintik-bintik merah, batuk dan sebagainya tergantung respon masing-masing seseorang. Berikut ini merupakan cara mengatasi alergi secara mudah dan alami. Hal yang harus diperhatikan pada penderita alergi Mandi secara bersih dan ganti pakaian. Gunakan masker saat bepergian. Lingkungan sekitar juga haru bersih dan tidak banyak debu atau kotoran. Hindari makanan yang dapat

3 Cara Atasi Rambut Rontok dan Kering Dengan Bahan Alami

Memiliki rambut panjang, sehat, lebat, dan berkilau, siapa yang tidak ingin memilikinya? Rambut adalah mahkota bagi seorang wanita, jadi tak diherankan apabila banyak para wanita yang akan melakukan segala cara untuk mendapatkan rambut seperti diatas. So, simak terus berbagai artikel tips kecantikan di blog ini. Salah satu hal yang sering terjadi pada rambut wanita adalah masalah rambut rontok. Sedih memang, kalau sudah mengalami rambut rontok, sebab yang seperti ini bisa menjadikan rambut semakin tipis, bahkan yang lebih parahnya lagi hingga terjadi kebotakan. Di jaman sekarang juga sudah banyak salon-salon yang menawarkan perawatan rambut rontok, namun belum tentu semua perawatan tersebut dapat membuat rambut anda seperti semula. Tetapi, jika perawatannya tidak cocok malah dapat membuat rambut anda mengalami kerontokan yang semakin parah. Namun tidak perlu khawatir, karena disini kami akan membahas tentang cara mengatasi masalah pada rambut rontok anda dengan bahan alami,