Langsung ke konten utama

Cara Mengurangi Tekanan Darah Tinggi secara Alami

Tekanan darah tinggi (hipertensi) merupakan suatu penyakit dimana tekanan darah seseorang pada pembuluh darah naik melebihi batas normal dalam periode watu yang cukup lama. jika seseorang tekanan darahnya diukur dengan tensimeter menunjukan angka di atas 140 mm hg, maka orang tersebut dapat dikatakan mengalami penyakit tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi ada yang secara tiba-tiba, walaupun beberapa saat atau beberapa hari dinyatakan normal. Tekanan darah tinggi yang secara tiba-tiba ini dinamakan tekanan darah tinggi esensial. Sedangkan tekanan darah tinggi yang dapat diketahui penyebabnya dinamakan tekanan darah tinggi sekunder.

Cara Mengurangi Tekanan Darah Tinggi secara Alami
Adapun beberapa hal yang dapat menyebabkan terjadinya tekanan darah tinggi, seperti pengaruh dari penyakit ginjal, seringnya mengkonsumsi obat-obatan yang mengandung bahan kimiawi, pengaruh dari gangguan jantung, faktor keturunan dan akibat pengaruh lingkungan yang keras.

Tanda-tanda awal penyebab tekanan darah tinggi
  1. Selalu pusing dan sakit kepala.
  2. Rasa pegal-pegal dan tengkuk kaku.
  3. Timbul telinga berdenging.
  4. Berdebar-debar detak jantung terasa cepat.

Hipertensi yang kronis biasanya diikuti penyakit lain, seperti penyakit rematik, kolesterol yang tinggi, kencing manis dan lain sebagainya. Ketika anda mengalami tekanan darah tinggi tentunya anda akan mencari solusinya, di sini akan saya terangkan beberapa tips cara menurunkan tekanan darah tinggi.

Pencegahan
  • Hindari ketegangan hidup
  • Pantang makan daging kambing, durian serta minuman yang mengandung alkohol.
  • Hindari makan makanan yang asin-asin.
  • Hindari kopi dan kurangi merokok.
  • Banyak-banyaklah makan sayuran dan buah-buahan.
  • Perbanyak melakukan olahraga.

Pengobatan

1. Daun seledri
Ambilah daun seledri sebanyak lima batang, lalu bersihkan daun seledri dengan air, tumbuk daun seledri yang telah dibersihkan, tambahkan satu gelas air ke dalam tumbukan daun seledri, aduk hingga merata dan saringlah, kemudian minum air hasil saringan daun seledri dua kali sehari. Lakukan dua atau tiga hari.

2. Lobak
Siapkan lobak, kemudian parut lobak dan disaring hasil parudan tadi untuk diambil airnya. Setelah itu minum air tersebut pada pagi dan sore hari. Lakukan secara rutin.

3. Kunir
Sediakan kunir, lalu parut dan disaring diambil airnya, tambahkan gula jawa atau gula batu atau dapat pula dengan madu lebah asli. Minumlah air tersebut pagi dan sore hari. Lakukan hal tersebut secara rutin.

4. Buah pace
Siapkan buah pace yang sudah masak lalu peras dan saring airnya, kemudian tambahkan madu aduk sampai merata. Minum setiap pagi dan sore.

5. Bawang putih
Ambil beberapa siung bawang putih, kupas kulitnya serta cuci hingga bersih, tumbuk bawang putih yang telah dibersihkan sampai benar-benar halus, lalu peras hasil tumbukan  dengan ditambahkan air secukupnya. Minum air hasil perasan tadi tiga kali sehari. Bisa juga dengan cara langsung dimakan butiran bawang putih dengan nasi.

Nah itulah tips cara mengurangi tekanan darah tinggi secara alami. Mudah-mudahan bermanfaat..

Postingan populer dari blog ini

Khasiat dan Manfaat Daun Miana

Pernah mendengar tentang khasiat daun miana ? Mendengar namanya saja mungkin sebagian orang masih terasa asing. Namun bagi para pecinta tanaman hias , tumbuhan miana menjadi salah satu koleksi yang bisa memperindah sebuah taman rumah. Dengan nama latin Coleus scutellarioides, tumbuhan miana tumbuh baik dengan daun yang berwarna cerah dan beraneka ragam. Selain itu kini sudah ditemukan khasiat da manfaat daun miana bagi kesehatan tubuh manusia. Tumbuhan miana merupakan jenis tanaman yang hidup di sekitar pinggiran sawah atau tepian sungai. Dengan warna yang bervariasi, tanaman ini hidup kurang lebih 1500 meter dari permukaan laut. Melihat warnanya yang cerah dan bervariasi tersebut, banyak orang yang tidak menyangka bahwa miana dapat berguna pula bagi kesehatan tubuh manusia. Apa saja manfaatnya yang bisa didapat dari kandungan daun miana tersebut? Berikut adalah rinciannya. Demam sembuh dengan daun miana Penyakit demam memang bukanlah sebuah penyakit yang berat atau besar.

Mengatasi Alergi dengan Cara Alami dan Mudah

Mengatasi alergi dengan cara alami | Alergi adalah sesuatu yang disebabkan karena tidak cocoknya badan atau organ tubuh dengan lingkungan sekitar atau dengan makanan yang dikonsumsi. Alergi sebenarnya bukan merupakan suatu penyakit, melainkan respon organ tubuh yang tidak terbiasa atau tubuh kurang menerima dengan baik rangsangan yang diterima terhadap benda asing dan lingkungan sekitar. Jenis alergi yang sering dijumpai yaitu alergi kulit, setiap orang memiliki reaksi alergi yang berbeda-beda. Misal alergi dengan ikan asin atau sayuran tertentu dapat menimbulkan gatal-gatal, bengkak, muntah-muntah, bersin, bintik-bintik merah, batuk dan sebagainya tergantung respon masing-masing seseorang. Berikut ini merupakan cara mengatasi alergi secara mudah dan alami. Hal yang harus diperhatikan pada penderita alergi Mandi secara bersih dan ganti pakaian. Gunakan masker saat bepergian. Lingkungan sekitar juga haru bersih dan tidak banyak debu atau kotoran. Hindari makanan yang dapat

3 Cara Atasi Rambut Rontok dan Kering Dengan Bahan Alami

Memiliki rambut panjang, sehat, lebat, dan berkilau, siapa yang tidak ingin memilikinya? Rambut adalah mahkota bagi seorang wanita, jadi tak diherankan apabila banyak para wanita yang akan melakukan segala cara untuk mendapatkan rambut seperti diatas. So, simak terus berbagai artikel tips kecantikan di blog ini. Salah satu hal yang sering terjadi pada rambut wanita adalah masalah rambut rontok. Sedih memang, kalau sudah mengalami rambut rontok, sebab yang seperti ini bisa menjadikan rambut semakin tipis, bahkan yang lebih parahnya lagi hingga terjadi kebotakan. Di jaman sekarang juga sudah banyak salon-salon yang menawarkan perawatan rambut rontok, namun belum tentu semua perawatan tersebut dapat membuat rambut anda seperti semula. Tetapi, jika perawatannya tidak cocok malah dapat membuat rambut anda mengalami kerontokan yang semakin parah. Namun tidak perlu khawatir, karena disini kami akan membahas tentang cara mengatasi masalah pada rambut rontok anda dengan bahan alami,