Cara Mengurangi Tekanan Darah Tinggi secara Alami

Tekanan darah tinggi (hipertensi) merupakan suatu penyakit dimana tekanan darah seseorang pada pembuluh darah naik melebihi batas normal dalam periode watu yang cukup lama. jika seseorang tekanan darahnya diukur dengan tensimeter menunjukan angka di atas 140 mm hg, maka orang tersebut dapat dikatakan mengalami penyakit tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi ada yang secara tiba-tiba, walaupun beberapa saat atau beberapa hari dinyatakan normal. Tekanan darah tinggi yang secara tiba-tiba ini dinamakan tekanan darah tinggi esensial. Sedangkan tekanan darah tinggi yang dapat diketahui penyebabnya dinamakan tekanan darah tinggi sekunder.

Cara Mengurangi Tekanan Darah Tinggi secara Alami
Adapun beberapa hal yang dapat menyebabkan terjadinya tekanan darah tinggi, seperti pengaruh dari penyakit ginjal, seringnya mengkonsumsi obat-obatan yang mengandung bahan kimiawi, pengaruh dari gangguan jantung, faktor keturunan dan akibat pengaruh lingkungan yang keras.

Tanda-tanda awal penyebab tekanan darah tinggi
  1. Selalu pusing dan sakit kepala.
  2. Rasa pegal-pegal dan tengkuk kaku.
  3. Timbul telinga berdenging.
  4. Berdebar-debar detak jantung terasa cepat.

Hipertensi yang kronis biasanya diikuti penyakit lain, seperti penyakit rematik, kolesterol yang tinggi, kencing manis dan lain sebagainya. Ketika anda mengalami tekanan darah tinggi tentunya anda akan mencari solusinya, di sini akan saya terangkan beberapa tips cara menurunkan tekanan darah tinggi.

Pencegahan
  • Hindari ketegangan hidup
  • Pantang makan daging kambing, durian serta minuman yang mengandung alkohol.
  • Hindari makan makanan yang asin-asin.
  • Hindari kopi dan kurangi merokok.
  • Banyak-banyaklah makan sayuran dan buah-buahan.
  • Perbanyak melakukan olahraga.

Pengobatan

1. Daun seledri
Ambilah daun seledri sebanyak lima batang, lalu bersihkan daun seledri dengan air, tumbuk daun seledri yang telah dibersihkan, tambahkan satu gelas air ke dalam tumbukan daun seledri, aduk hingga merata dan saringlah, kemudian minum air hasil saringan daun seledri dua kali sehari. Lakukan dua atau tiga hari.

2. Lobak
Siapkan lobak, kemudian parut lobak dan disaring hasil parudan tadi untuk diambil airnya. Setelah itu minum air tersebut pada pagi dan sore hari. Lakukan secara rutin.

3. Kunir
Sediakan kunir, lalu parut dan disaring diambil airnya, tambahkan gula jawa atau gula batu atau dapat pula dengan madu lebah asli. Minumlah air tersebut pagi dan sore hari. Lakukan hal tersebut secara rutin.

4. Buah pace
Siapkan buah pace yang sudah masak lalu peras dan saring airnya, kemudian tambahkan madu aduk sampai merata. Minum setiap pagi dan sore.

5. Bawang putih
Ambil beberapa siung bawang putih, kupas kulitnya serta cuci hingga bersih, tumbuk bawang putih yang telah dibersihkan sampai benar-benar halus, lalu peras hasil tumbukan  dengan ditambahkan air secukupnya. Minum air hasil perasan tadi tiga kali sehari. Bisa juga dengan cara langsung dimakan butiran bawang putih dengan nasi.

Nah itulah tips cara mengurangi tekanan darah tinggi secara alami. Mudah-mudahan bermanfaat..

Cara Mengurangi Tekanan Darah Tinggi secara Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mbak Dewi