Khasiat Daun Belimbing Bagi Penderita Hipertensi

Khasiat dan manfaat daun belimbing tak hanya sekedar untuk mengatasi penyakit rematik saja. Ada beberapa kabar yang disampaikan dari pakar kesehatan ataupun dari masyarakat secara mulut ke mulut bahwa daun belimbing sangat baik bagi penderita hipertensi. Berarti jika dilihat secara global, maka khasiat dan manfaat daun belimbing memang sangat beraneka ragam.

Khasiat Daun Belimbing Bagi Penderita Hipertensi

Seseorang yang terkena penyakit hipertensi memiliki ciri dimana kerja jantung semakin meningkat disertai dengan tekanan darah yang cukup tinggi. Sebagai akibatnya adalah terjadi ketegangan pada seluruh tubuh yang disertai dengan rasa lemas yang sangat mengganggu aktivitas. Hipertensi timbul dari beberapa faktor mulai dari pola hidup yang salah hingga tingkat stress yang semakin memuncak.

Pola hidup seperti konsumsi makanan secara berlebihan dengan tingkatan gizi yang tidak seimbang, bisa menyebabkan tingkat hipertensi bisa muncul pada orang tersebut. Salah satunya adalah konsumsi makanan yang berlemak tinggi seperti daging kambing ataupun makanan yang memiliki jumlah lemak jahat yang akan menutup ruang saluran darah sehingga jantung lebih keras untuk memompa darah. Manfaat daun belimbing menjadi salah satu cara yang bisa didapatkan secara alami karena kandungan yang dimilikinya mampu menurunkan tekanan darah layaknya tablet Hydrochlorithiazide atau disingkat dengan HCT. Meskipun manfaatnya untuk penderita hipertensi, sifatnya hanya menurunkan saja dan bukan mengobati secara total. Penderitanya pun hanya dikhususkan bagi hipertensi dengan tingkat yang rendah yaitu yang memiliki tekanan sistolik antara 140 hingga 159 mmHg dan tekanan diastolik yang berkisar antara 90 hingga 99 mmHg.

Untuk mendapatkan khasiat daun belimbing yang benar, maka pemilihan daun yang bagus dan masih segar menjadi sebuah hal yang perlu dicermati. Pemilihan jenis belimbingnya pun bisa belimbing manis yang sering dikonsumsi sebagai buah-buahan atau juga belimbing wuluh yang dikenal sebagai belimbing sayur. Daun pada kedua jenis belimbing tersebut harus dicuci bersih sehingga tidak ada kandungan berbahaya seperti hama ataupun bekas pestisida yang mungkin masih menempel dalam daun tersebut. Untuk Pengobatan, siapkan kurang lebih 30 gram daun belimbing yang diseduh bersama 3 gelas air bersih. Setelah airnya menjadi kecoklatan, saring sehingga tersisa airnya saja. Minum ramuan herbal tersebut 2 kali sehari setelah dirasa dingin. Untuk konsumsinya, sebaiknya tidak dianjurkan saat malam hari karena efeknya yang membuat ingin buang air kecil.

Jadi bagi yang merasa menderita hipertensi berkadar ringan, sebaiknya mulai sekarang juga untuk mendapatkan khasiat dan manfaat daun belimbing yang alami.

Khasiat Daun Belimbing Bagi Penderita Hipertensi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mbak Dewi