Langsung ke konten utama

Cara Tradisional untuk Mengatasi Penyakit Beri Beri

Cara tradisional untuk mengatasi penyakit beri-beri | Beri-beri merupakan penyakit yang disebabkan karena kurangnya vitamin B dalam tubuh dengan ditandai adanya inflamasi pada syaraf sehingga menyebabkan pembengkakkan pada betis. Keadaan seperti ini jika dibiarkan lama-kelamaan akan menimbulkan kekakuan yang menyakitkan pada anggota badan dan tubuh akan semakin kurus. Bahkan dapat menimbulkan hal yang sangat fatal sekalipun pada penderita, karena penderita penyakit beri-beri dapat meradang dan dapat menyebabkan kematian dalam waktu dekat.

Penyakit beri-beri terbagi menjadi 3 jenis, yaitu :

Cara Tradisional untuk Mengatasi Penyakit Beri Beri
Beri-beri kering
Gejala pada penyakit beri-beri kering, yaitu badan mulai terasa kesemutan dan kaki mulai terasa semakin tebal. tubuh mulai terasa cepat lelah dan kekuatan semakin berkurang, sehingga semakin berasa lemah. Sering sesak nafas dan jantung sering berdebar-debar setelah melakukan sedikit kegiatan.

Beri-beri basah
Gejala pada penyakit beri-beri basah, yaitu mengalami pembengkakkan pada hampir semua anggota badan dimulai dari kaki, dan ketika ditekan terasa sakit.  

Beri-beri jantung
Gejala pada penyakit beri-beri jantung, yaitu adanya rasa tekanan pada ulu hati, sering sesak nafas dan jantung terasa berdegup kencang setelah melakukan kegiatan.

Tanda-tanda terkena penyakit beri–beri
  1. Penderita merasa berdebar-debar dan sering terkejut.
  2. Badan semakin lama semakin melemah.
  3. Kaki mulai membengkak, ketika dipijit tidak dapat kembali.
  4. Nafsu makan semakin berkurang.
  5. Urat-urat mulai terasa sakit terutama pada betis kaki.
  6. Sulit ketika hendak berjalan.
  7. Berasa pegal-pegal pada tumit.
  8. Dapat mengakibatkan kelumpuhan.

Mengingat penjelasan diatas, penyakit beri-beri termasuk penyakit yang mengerikan, jika tidak cepat dicegah atau diatasi dapat menyebabkan kematian. Di sini akan dijelaskan beberapa cara pengobatan tradisional untuk menangani penyakit beri-beri.

Anjuran
  • Melakukan olahraga yang ringan-ringan.
  • Perbanyak mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan.
  • Mengurangi garam dan asin-asinan.

Pengobatan

Katul beras dan daun remujung
Siapkan katul beras dan daun remujung, bersihkan atau cuci katul beras dan daun remujung dengan air hingga benar-benar bersih. Rebus keduanya sampai masak dan ambil airnya. Minum air hasil rebusan sebanhyak 2 atau 3 kali dalam sehari.

Beras merah dan kacang hijau
Masak beras merah yang masih baru dan masih banyak katulnya hingga menjadi nasi. Makan nasi beras merah tersebut. Dan perbanyak mengkonsumsi bubur kacang hijau.

Daun sirih, rimpang lempuyang, cabai hitam dan beras merah
Siapkan daun sirih 5 lembar, rimpang lempuyang 1 jari, cabai hitam 3 buah dan beras merah setengah cangkir. Cuci ke 4 bahan sampai benar-benar bersih. Campurkan semuanya menjadi satu dan tumbuk hingga halus, tambahkan sedikit air. Kemudian oleskan pada seluruh tubuh 2 kali sehari.

Nanas dan mengkudu
Sediakan nanas dan kupas kulitnya serta siapkan juga buah mengkudu. Jus nanas dan mengkudu hingga halus, lalu saring untuk diambil airnya. Minum air hasil jus nanas dan mengkudu, oleskan ampasnya pada bagian kulit yang bengkak. Lakukan secara rutin.

Demikian beberapa tips atau cara tradisional untuk mengatasi penyakit beri-beri yang dapat saya paparkan, semoga bermanfaat bagi anda. 

Postingan populer dari blog ini

Khasiat dan Manfaat Daun Miana

Pernah mendengar tentang khasiat daun miana ? Mendengar namanya saja mungkin sebagian orang masih terasa asing. Namun bagi para pecinta tanaman hias , tumbuhan miana menjadi salah satu koleksi yang bisa memperindah sebuah taman rumah. Dengan nama latin Coleus scutellarioides, tumbuhan miana tumbuh baik dengan daun yang berwarna cerah dan beraneka ragam. Selain itu kini sudah ditemukan khasiat da manfaat daun miana bagi kesehatan tubuh manusia. Tumbuhan miana merupakan jenis tanaman yang hidup di sekitar pinggiran sawah atau tepian sungai. Dengan warna yang bervariasi, tanaman ini hidup kurang lebih 1500 meter dari permukaan laut. Melihat warnanya yang cerah dan bervariasi tersebut, banyak orang yang tidak menyangka bahwa miana dapat berguna pula bagi kesehatan tubuh manusia. Apa saja manfaatnya yang bisa didapat dari kandungan daun miana tersebut? Berikut adalah rinciannya. Demam sembuh dengan daun miana Penyakit demam memang bukanlah sebuah penyakit yang berat atau besar.

Mengatasi Alergi dengan Cara Alami dan Mudah

Mengatasi alergi dengan cara alami | Alergi adalah sesuatu yang disebabkan karena tidak cocoknya badan atau organ tubuh dengan lingkungan sekitar atau dengan makanan yang dikonsumsi. Alergi sebenarnya bukan merupakan suatu penyakit, melainkan respon organ tubuh yang tidak terbiasa atau tubuh kurang menerima dengan baik rangsangan yang diterima terhadap benda asing dan lingkungan sekitar. Jenis alergi yang sering dijumpai yaitu alergi kulit, setiap orang memiliki reaksi alergi yang berbeda-beda. Misal alergi dengan ikan asin atau sayuran tertentu dapat menimbulkan gatal-gatal, bengkak, muntah-muntah, bersin, bintik-bintik merah, batuk dan sebagainya tergantung respon masing-masing seseorang. Berikut ini merupakan cara mengatasi alergi secara mudah dan alami. Hal yang harus diperhatikan pada penderita alergi Mandi secara bersih dan ganti pakaian. Gunakan masker saat bepergian. Lingkungan sekitar juga haru bersih dan tidak banyak debu atau kotoran. Hindari makanan yang dapat

3 Cara Atasi Rambut Rontok dan Kering Dengan Bahan Alami

Memiliki rambut panjang, sehat, lebat, dan berkilau, siapa yang tidak ingin memilikinya? Rambut adalah mahkota bagi seorang wanita, jadi tak diherankan apabila banyak para wanita yang akan melakukan segala cara untuk mendapatkan rambut seperti diatas. So, simak terus berbagai artikel tips kecantikan di blog ini. Salah satu hal yang sering terjadi pada rambut wanita adalah masalah rambut rontok. Sedih memang, kalau sudah mengalami rambut rontok, sebab yang seperti ini bisa menjadikan rambut semakin tipis, bahkan yang lebih parahnya lagi hingga terjadi kebotakan. Di jaman sekarang juga sudah banyak salon-salon yang menawarkan perawatan rambut rontok, namun belum tentu semua perawatan tersebut dapat membuat rambut anda seperti semula. Tetapi, jika perawatannya tidak cocok malah dapat membuat rambut anda mengalami kerontokan yang semakin parah. Namun tidak perlu khawatir, karena disini kami akan membahas tentang cara mengatasi masalah pada rambut rontok anda dengan bahan alami,